News: PPLN Sydney Lantik Petugas Penyelenggara Pemungutan Suara


Sumber: Radio Republik Indonesia (RRI)

PPLNKBRN, Sydney: Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Sydney, Jon Sumarjono, melantik dan mengambil sumpah 18 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Sydney di aula KJRI Sydney.

Jumlah TPS pada Pilpes di Sydney mengalami pengurangan agar lebih efektif. Jon berharap, KPPSLN yang baru dilantik dapat menjalankan tugas secara maksimal dari persiapan penyelenggaraan pemungutan suara hingga penghitungan suara. Termasuk memastikan pemilih disabilitas mendapat kemudahan dalam menyalurkan hak suaranya.

Disamping itu, KPPSLN diminta memegang teguh kode etik selama pemilu. Kekeliruan penghitungan suara yang kerap terjadi diluar negeri diharap dapat diminimalisir. Waktu pelaksanaan pilpres oleh PPLN Sydney awalnya direncanakan dari jam 9 pagi hingga 4 sore, mengingat 5 juli bertepatan bulan Ramadhan dimana waktu berbuka puasa di Australia jam 5 sore.

Namun, kebijakan ini diurungkan dengan pertimbangan sesuatu hal, sehingga mengikuti sebagaimana yang ditetapkan yakni dari jam 8 pagi hingga 6 sore.

Ketua KPPSLN Brisbane, Muhammad Faiz mengaku siap mensukseskan Pilpres kali ini. Untuk menarik pemilih datang pada hari H, KPPSLN Brisbane akan menggelar Bazar di seputar lokasi TPS.

“Kami membuat sosialisasi dan pada hari H nanti akan ada bazar makanan untuk WNI yang bisa juga dinikmati untuk berbuka puasa berhubung pilpres kali ini dilaksanakan dibulan Ramadhan,” ujarnya usai pelantikan, Sabtu (21/6/2014).

Faiz yang sebelumnya juga Ketua KPPSLN Pileg  lalu mengaku kendala yang kerap dihadapi pada praktek dilapangan adalah WNI yang datang tanpa membawa persyaratan.

Kendati begitu, ia telah memiliki jawaban atas persoalan ini. Hal tersebut dibahas dalam bimbingan tekhnis yang dilaksanakan usai pelantikan. (Arif/ITY/Yus).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s